The TIELMAN BROTHER'S sang Rock N Roll dari Indonesia

06/06/2009 18:35

Pada tahun 1960-an Indonesia mencetak sebuah band Rock N Roll ternama, mereka bukan Koes Bersaudara (Koesplus) ataupun Panjaitan Bersaudara (Panbers) tapi mereka adalah The Tielman Brothers. The Tielman Brothers adalah orang keturunan maluku yang besar di Surabaya. Mereka adalah kakak beradik dari pasangan Herman Tielman dan Flora Lorine Hess. Pasangan kakak beradik ini antara lain, Andy Tielman (lead guitar, vocals), Reggy Tielman (2nd lead guitar, vocals), Ponthon Tielman (double bass, vocals)Loulou Tielman (drums, vocals). Kebiasaan bermusik di keluarga yang kental lah yang membuat Tielman bersaudara ini sangat mahir dalam bermusik, dan menciptakan sound-sound yang aneh pada zamannya.

Cerita The Tielman Brothers berawal dari dimulai ketika di Surabaya 4 bersaudara Tielman kecil sering memainkan lagu-lagu daerah pada tahun 1945. Sang Ayah yang berprofesi sebagai komandan tentara KNIL sering mengajak rekan-rekannya berpesta di rumah. Anak-anak dari Herman Tielman yang selalu ditampilkan oleh ayahnya tak disangka penampilan kakak beradik ini sangat memukau penonton yang hadir dalam pesta itu yang hadir pula para pejabat kolega ayahnya. Melalui kolega ayahnya dan penampilan yang selalu apik serasa memudahkan Tielman Brothers untuk selalu unjuk gigi diberbagai acara.


Tampil dari Timor-timur hingga tampil di hadapan presiden Soekarno di Jakarta pada bulan Desember 1949 pernah dilakukan oleh Tielman Brothers. Lagu-lagu dari Les Paul, Elvis Presley, Little Richard, Bill Haley, Fats Domino, Chuck Berry and Gene Vincent selalu mereka bawakan. Dari situlah mereka berkonsentrasi untuk memainkan rock n roll yang lebih garang.

Tahun 1957 saat mereka mendapat kesempatan untuk tour di Belanda, dan melalui penampilan pertama kali di Hotel De Shcuur Breda, dengan membawakan lagu Bye Bye Love milik The Everly Brothers yang sudah di aranssemen ulang oleh The Tielman Brothers,mendapat sambutan yang sangat menggembirakan oleh Audience.  Sejak saat tahun 1957 juga akhirnya The Tielman Brothers memutuskan untuk hijrah ke Belanda mengingat masa depannya akan lebih baik jika berada di negeri kincir angin itu. Dan undangan untuk tampilpun sampai Belgia hingga Jerman.

Di tahun 1960 The Tielman Brothers merilis 4 lagu ciptaan mereka sendiri, lagu itu antara lain :

My Maria,

You're Still The One,

Black Eyes,

dan Rock Little Baby.

Lagu-lagu yang tercipta dari tangan dingin mereka ternyata banyak disukai oleh orang-orang Belanda. Sehungga orang-orang Belanda menyebut aliran musik The Tielman Brothers sebagai aliran Indorock, dikarenakan mereka adalah berasal dari Indonesia yang memainkan musik bergenre Rock.

Perlu diketahui, bahwa musik serta lagu yang mereka mainkan secara jujur telah menginspirasi The Beatles, Jimmy Hendrik dan Rolling Stones, karena mereka melahirkan kreativitas musik mereka terlebih dahulu sebelum The Beatles, Jimmy Hendrik dan Rolling Stones terkenal bahkan sekarang me-Legenda. Kenapa malahan mereka tidak seTerkenal seperti The Beatles, Jimmy Hendrik ataupun Rolling Stones??
Padahal teknik-teknik permainan gitar sang dewa gitar Jimmy Hendrik malah sudah dimainkan secara apik oleh The Tielman Brothers dan jika ditelusuri bisa lebih apik dibandingkan Jimmy Hendrik. Apa karena merek Luar Negeri lebih mantap daripada merek Dalam Negeri?


Terima kasih The Tielman Brothers. Band first TOP Indonesia!

Danke nyong-nyong Ambon Manise!

(author@kampungindie)