Music, Sharing and Education Menerima Kunjungan Asisten Deputi Peningkatan Kreatifitas Pemuda Kemenpora

03/02/2016 10:40
 
Jakarta, Sebagian isi sambutan dari Asisten Deputi I (ASDEP I) Bidang Peningkatan Kreativitas Pemuda KEMENPORA RI di salah satu acara kegiatan Music, Sharing & Education yang diselenggarakan di JK7 Swissbel Hotel Kemang Jakarta Selatan oleh Dunia Music Community bersama Republik Indie yang merupakan komunitas Musisi Indie member ASKOMINDO (Asosiasi Komunitas Musisi Indie Indonesia). Menurut Dr. Ir. Eny Budi Sri Haryani, M.Si selaku ASDEP Peningkatan Kreatifitas Pemuda Kemenpora mengatakan bahwa seorang musisi, agar bisa sukses di dunia musik, harus memiliki kreativitas dan skil yang mumpuni. Kemampuan membuat lagu dan mengarancement musik merupakan tahap awal bagi para musisi & grup band. Kemampuan itu perlu ditambah dengan keahlian dibidang pendukung lainnya seperti, memilih kalimat/syair lagu, keselarasan lagu dengan arancement musik dan lainnya, yang penting untuk kesuksesan seorang musisi & grup band. Tidak boleh ada pekerjaan yang disepelekan dan dianggap remeh. Selain skil yang harus terus diasah, juga harus peka dan mengerti terhadap keinginan pasar. Dengan kejelian melihat pasar yang tepat, maka seorang musisi & grup band akan dapat bertahan lebih lama di dunia musik.
Dalam konteks memahami keinginan pasar ini adalah sangat perlunya dikembangkan kemampuan berwirausaha. Pendidikan mengenai kewirausahaan bagi seorang musisi & grup band menjadi penting, mengingat banyaknya musisi/grup band yang belum maksimal menjual karya seninya karena kurangnya pengetahuan mengenai pengembangan bisnis di sektor ekonomi kreatif.
Pentingnya ekosistem seni dan bisnis yang kondusif juga sangat diperlukan oleh para Musisi & group band untuk terus berkembang. Dengan adanya usaha Pemerintah dalam mengidentifikasikan permasalahan utama di bidang ekonomi kreatif, diharapkan semoga bantuan yang diberikannya sesuai dengan kebutuhan para pelaku seni, khususnya para seniman musik. Ke depan pemerintah juga berusaha akan memberikan dukungan yang lebih besar lagi bagi para pelaku seni sehingga industri ekonomi kreatif dapat semakin berkembang dan Indonesia dapat semakin dikenal atas industri seninya, terutama industri musiknya.
Acara yang digelar pada tanggal 2 Februari 2016 ini dimulai pada pukul 19.00 - 23.00 Wib dihadiri 8 group band dan puluhan musisi indie lainnya. Acara yang didukung oleh JK7 Cafe serta Askomindo merupakan wujud kepedulian komunitas dan asosiasi dalam menanamkan hal positif kepada generasi muda khususnya musisi indie dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Dan acara akan ada terus setiap bulannya di tempat yang sama. (Kontributor : Iming Karya)